Mediasi Perbankan

MEDIASI PERBANKAN

 

Menunjuk Peraturan Bank Indonesia No. 8/5/PBI/2006 tanggal 30 Januari 2006 dan perubahannya No. 10/1/PBI/2008 tanggal 29 Januari 2008 tentang Mediasi Perbankan, bersama ini kami informasikan bahwa untuk menyelesaikan sengketa antara nasabah dengan bank, dimana sebelumnya telah melalui proses penyelesaian melalui bank, Bank Indonesia telah menyediakan sarana alternatif yaitu Mediasi Perbankan.

Persyaratan penyelesaian melalui Mediasi Perbankan

  • Bank telah berupaya melakukan penyelesaian pengaduan nasabah
  • Sengketa yang diajukan adalah sengketa keperdataan
  • Nilai sengketa yang diajukan maksimum Rp 500.000.000.- (lima ratus juta rupiah) dan tuntuan karena kerugian immaterial tidak dapat diajukan
  • Pengajuan penyelesaian tidak melebihi 60 (enam puluh) hari kerja sejak tanggal surat hasil penyelesaian pengaduan yang disampaikan bank kepada nasabah
  • Pengajuan dilakukan secara tertulis disertai dokumen pendukung, antara lain :
    • Fotokopi surat hasil penyelesaian pengaduan yang diberikan bank kepada nasabah
    • Fotokopi identitas nasabah
    • Fotokopi dokumen pendukung yang terkait dengan sengketa yang diajukan
    • Fotokopi surat kuasa yang terkait dengan sengketa yang diajukan

Pengajuan dialamatkan kepada :

Bank Indonesia
Direktorat Investigasi dan Mediasi Perbankan
Jalan M.H. Thamrin No. 2
Jakarta 10350

dengan tembusan disampaikan kepada Bank Jasa Jakarta.

Pelaksanaan fungsi Mediasi perbankan oleh Bank Indonesia dilakukan sampai dengan terbentuknya lembaga mediasi perbankan yang independen.